CV. COCO Production : Ide Bisnis yang Memanfaatkan Potensi Lokasi

on 21.44

Oleh : Arief Rakhman Hakim

Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, IPB

Berawal dari sebuah kajian literatur dalam sebuah mata kuliah Pengenalan Bahan Agroindustri (PBA) menyatakan bahwa Ciamis merupakan daerah yang memiliki perkebuan kelapa rakyat paling luas di Jawa Barat. Hal tersebut langsung saya benarkan dalam hati saya, karena saya teringat moment ketika di desa saya, seraya melemparkan pandangan ke hamparan pemandangan yang indah di sana maka tampak mendominasi adalah kokohnya pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi. Ya, kelapa adalah potensi yang banyak tidak disadari oleh orang-orang Ciamis. Padahal para petani-petani kelapa Ciamis masih belum merasakan kesejahteraannya dari bisnis kelapa ini. Harga kelapa yang tidak pernah tetap berkisar dari Rp. 300 - Rp. 800, padahal harga kelapa di Kota Metropolitan dapat mencapai angka Rp. 4000,- Betapa malangnya petani-petani kita.

Gayung bersambut, saat ide bisnis kelapa mulai memenuhi otak saya, Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) IPB mengadakan sebuah program pengembangan kewirausahaan yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa IPB untuk memulai berbisnis dengan bimbingan dan modal dari IPB. Sistem kompetisi yang dibuat oleh DPKHA tidak membuat kami ciut nyali dalam mengikutinya, singkat cerita dari +2000 ide bisnis yang diseleksi, kami masuk dalam 170 proposal terbaik yang berhak memperoleh modal senilai 24 juta dan mentor dari IPB dan UKM. Proposal berjudul : Pengembangan Usaha Berbasis Komoditas Kelapa sebagai Peningkat Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Ciamis menjadi modal berharga untuk memulai usaha ini.

Profil Usaha :

Nama Peru : CV. COCO Production

Direktur : Arief Rakhman Hakim

Lokasi Usaha : Dsn. Cibangkong, Rt.04 Rw.06 Ds Kawunglarang Kec. Rancah, Kab. Ciamis. Jawa Barat

Visi : Menjadi Perusahaan Kelapa Terpadu Pertama yang Memasok Kebutuhan Konsumen Secara Kontinyu dan Bersaing.

Misi : Bersaing secara kualitas, kuantitas, harga, dan kemasan dalam produksi produk berbasis kelapa.

Produk : Pembuatan Nata de Coco d’Co, Trading Kelapa domestik dan ekspor.

Dengan dukungan rekan-rekan seperjuangan (Yulia, Ossy Yostia Utami, dan Dian Kuntiasih) serta tim khusus dari teman-teman Paguyuban Mahasiswa Galuh Ciamis (PMGC) usaha ini akan menjadi pijakan penting dalam meningkatkan kesejahteraaan masyarakat Ciamis.

1 komentar:

PT. Bina Sejahtera Mandiri mengatakan...

boleh saya minta email dan no hp anda, saya trader dan produsen sabut kelapa dari Lampung.melihat potensi yang dimiliki oleh daerah Ciamis saya tertarik dengan daerah ini...


Angga

Posting Komentar